Sabtu, 14 November 2015

Bank Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2

Kumpulan Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2, Bank Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2, Soal Kumpulan Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1, Kumpulan Soal IPS SD Kelas 6 Semester 2, Apakah sobat sedang mencari soal IPS SD Kelas 6 semester 1 dan 2 ? disini ada beberapa soal IPS SD yang bisa sobat gunakan untuk bahan uji kompetensi siswa kelas 6
Bank Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2
Menganalisis Tes Pendidikan  

Menganalisis instrument (alat evaluasi) bertujuan untuk mengetahui apakah alat ukur yang digunakan atau yang akan digunakan sudah memenuhi syarat-syarat sebagai alat ukur yang baik, tepat mengukur sesuatu sesuai tujuan yang telah dirumuskan. Sebuah instrument dikatakan baik jika memenuhi syarat validitas, reliabelitas dan bersifat praktis.

1. Validitas Tes

Suatu tes dikatakan valid jika tes itu dapat mengukur apa yang seharusnya diukur. Valid disebut juga sahih, terandalkan atau tepat. Tes hasil belajar yang valid, harus dapat menggambarkan hasil belajar yang di ukur

Macam-macam validitas

1). Validitas isi (content validity)

Validitas isi sering juga disebut validitas logis atau validitas rasional. Validitas isi dapat dianalisis dengan bantuan kisi-kisi tes dan pedoman penelaahan butir soal.

Penelaahan butir soal secara umum ditinjau dari tiga aspek yaitu:

Aspek materi
Aspek bahasa
Aspek konstruksi

2). Validitas ramalan (predictive validity)

Suatu tes dikatakan memiliki validitas ramalan, apabila hasil pengukuran yang dilakukan dengan tes itu dapat digunakan untuk meramalkan, atau tes itu mempunyai daya prediksi yang cukup kuat. Untuk mengetahui apakah suatu tes hasil belajar dapat dinyatakan sebagai tes yang memiliki validitas ramalan dapat dilakukan dengan mengkorelasikan tes hasil belajar yang sedang diuji dengan kriterium yang ada.

3) Validitas bandingan (concurent validity)

Suatu tes dikatakan memiliki validitas concurrent, apabila tes tersebut mempunyai kesesuaian dengan hasil pengukuran lain yang dilaksanakan saat itu. Misalnya, membandingkan hasil tes dari soal yang sedang dicari validitasnya dengan hasil tes dari soal standar. Jika terdapat korelasi yang positif antara kedua tes tersbut, berarti soal tes yang dibuat mempunyai validitas concurrent.

4).Construct validity (validitas konstruk)

Validitas konstruk artinya butir-butir soal dalam tes tersebut membangun setiap aspek berpikir seperti yang tercantum dalam tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Penganalisisan validitas ini dapat dilakukan dengan Cara melakukan pencocokan antara aspek berpikir yang dikehendaki diungkapkan oleh tujuan pembelajaran, yaitu melalui penelaahan butir-butir soal.

Meski terdapat beberapa jenis validitas, dalam periode terakhir validitas dianggap sebagai suatu konsep utuh, tidak dipilah-pilah sebagai jenis validitas. Baca selengkapnya disini Kumpulan Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2